Tips Membangun Kredibilitas Bagi Entrepreneur Muda

Membangun kredibilitas Enterpreneur MudaMerintis suatu bisnis adalah sebuah tantangan bagi entrepreneur yang masuk dalam kategori pemula serta kurang pengalaman. Tantangan terbesar bukan hanya terletak pada target untuk meraih revenue, melainkan pada kenyataan dalam membangun suatu kredibilitas.

Walaupun hal ini akan menguras banyak perhatian, waktu dan tenaga tapi janganlah biarkan usia menghalangi langkah Anda dalam membangun kredibilitas.

Usia muda dan belum memiliki pengalaman bisa menjadi sebuah tantangan yang sesungguhnya, menurut Susan Gregg Koger, 26 tahun sang pendiri ModCloth-perusahaan ritel fashion online yang dibangunnya pada usia 17 tahun.

Kini, perusahaannya itu telah memiliki 240 karyawan dan membuka cabang di San Francisco, Los Angeles dan Pittsburgh. Dia belajar dengan cepat dan memahami apa yang diinginkan oleh user dari facebook dan twitter itu merupakan hal yang penting untuk mempelajari sebuah demografi dan selera para konsumen, jelasnya.

Dia juga menambahkan, sangat penting untuk menerapkan pendekatan strategis dalam mengembangkan bisnis, terutama ketika Anda tidak memiliki pengalaman sebagai modal awal. Itulah pentingnya membangun suatu kredibilitas.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu anda entrepreneur muda untuk membangun kredibilitas agar bisnisnya meraih kesuksesan.

Fokus

Anda itu pasti memiliki banyak ide dan sangat bersemangat untuk merealisasikannya. Itu wajar dan hampir semua entrepreneur akan mengalaminya terutama pada saat Anda memulai usaha.

Tetapi untuk membangun suatu kredibilitas, sebagai entrepreneur harus benar-benar fokus. Anda mungkin tidak akan bisa terampil dalam segala hal yang berbeda sekaligus, menurut Jared OToole sang pendiri Under30CEO organisasi untuk entrepreneur muda yang bermarkas id New York ini.

Membuat Bisnis Online

Dunia maya merupakan tempat nyata untuk memulai membangun kredibilitas sebagai pemilik usaha pada saat ini. Seperti inilah keyakinan seorang Neil Patel, 26 tahun sang pendiri KISSmetrics, yang merupkan perusahaan analisis web yang berlokasi di San Francisco.

Dengan adanya web, selain lebih murah, hal ini juga cara yang tepat untuk menunjukkan kepada user apa yang Anda ciptakan, tuturnya. Sebagai entrepreneur muda, hal tersebut sangatlah penting.

Koger menambahkan, menurutnya tak hanya blogging dan media sosial yang berperan penting dalam memeroleh perhatian publik, tetapi berelasi dengan sesama pelaku bisnis online juga menjadi kunci utamanya. dia sering melakukan pendekatan dengan sesama pelaku bisnis online di awal-awal merintis bisnisnya.

Luangkan Waktu

Aktif di sejumlah media sosial memanglah sangat penting. Tetapi melakukan kopi darat untuk memperluas networking juga sama pentingnya bagi entrepreneur. Anda mungkin saja menjalin relasi yang kuat kepada para konsumen melalui email atau media sosial tapi hal itu saja takkan membuat Anda maju ke level yang lebih tinggi, ujar OToole. Bertemu langsung dengan klien juga bisa mempengaruhi kredibilitas.

OToole menyarankan, menjalin relasi dengan seseorang yang mengenal dunia industri bisa meningkatkan kredibilitas Anda. Ketika khalayak tahu bahwa seseorang yang mempunyai pengaruh di dunia industri mengenal Anda, mereka pasti akan berpikir bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang penting dalam bisnis Anda.

Membangun Relasi

Membangun suatu relasi yang kuat dengan para klien di awal bisnis juga penting dalam menciptakan kredibilitas. Bagi Aaron Batalion, chief technology officer sekaligus pendiri LivingSocial yang merupakan perusahaan daily deal yang berlokasi di Washington, D.C.,

Membangun kerjasama serta menjalin hubungan yang erat dengan distributor serta konsumen sangatlah penting untuk membangun nama perusahaan. Batalion yang berusia 27 tahun saat merintis LivingSocial bersama teman-temannya pada tahun 2007 yang kini telah sukses mempekerjakan 2.500 karyawan dengan 40 juta member kliennya di seluruh dunia.

Jadilah Diri Sendiri

Anda mungkin akan berusaha keras untuk membuat diri Anda  menjadi terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya untuk mendapatkan suatu kredibilitas di mata orang banyak. Namun hal tersebut tidak perlu Anda lakukan. Menurut Patel sang entrepreneur muda ini, Anda harus percaya diri dan bersikap transparan. Jika Anda terlihat dewasa serta cerdas di usia Anda, mengapa tidak menunjukkannya? ucapnya.

Menyesal karena kurangnya pengalaman serta karena masih muda merupakan sikap yang tidak bijak, begitulah menurut pendapat Koger. Jika Anda bekerja dengan seseorang yang mempermasalahkan usia Anda, itu kemungkinan bukanlah kerjasama yang harus Anda kembangkan, terangnya.

Nah, itulah tips membangun kredibilitas menurut para entrepreneur muda. Semoga bermanfaat.