Peluang Bisnis dan Wirausaha Keripik Singkong

Di era modern seperti saat sekarang ini, tentunya banyak sekali bermunculan ide-ide kreatif dan juga peluang-peluang usaha baru yang cukup prosfektif dan sangat menguntungkan. Peluang tersebut bisa kita jadikan sebagai lumbung penghasilan tambahan, yang tentunya disesuaikan juga dengan keahlian kita masing-masing.

Peluang Bisnis dan Wirausaha Keripik Singkong1

Sebut saja peluang usaha ataupun peluang mendapatkan penghasilan uang dari intrnet yang begitu banyak modelnya, dari mulai blogger, toko online, jual artikel dan masih banyak lagi yang lainnya tentu saja.

Bagi para mastah yang sudah sangat ahli di dunia internet seperti Asri Tadda contohnya, menghasilkan uang dari internet adalah menjadi sesuatu yang sangat mudah di lakukan, tetapi mungkin bagi kita-kita yang masih sangat awam di dunia internet dan ingin bisa menghasilkan uang dari internet akan terasa sangat menyulitkan.

Tetapi jangan khawatir khususnya bagi kita-kita yang awam di dunia internet. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, peluang usaha sebetulnya sangat banyak sekali bentuk dan modelnya, tinggal di sesuaikan saja dengan keahlian kita masing-masing.

Salah satu diantaranya adalah wirausaha keripik singkong. Wirausaha keripik singkong bisa kita lakukan dari mulai usaha skala home industri dan juga tidak terlalu membutuhkan modal yang terlalu besar dan meskipun kita tidak memiliki keahlian yang khusus.

Peluang Bisnis dan Wirausaha Keripik Singkong1

Juga sangat cocok sekali di lakukan oleh siapa saja tentunya asal memiliki niat dan tekad yang kuat, terutama bagi kita yang masih berpenghasilan tipis dan ingin segera mempunyai penghasilan tambahan tentu saja.

Dengan modal awal yang tidak terlalu banyak, kita pun sudah bisa memulai wirausaha keripik singkong di rumah kita sendiri tentu saja, dan salah satu contohnya adalah saya sendiri, yang sudah meggeluti wirausaha keripik singkong dari mulai tahun 2008.

Untuk lebih jelasnya akan saya mulai saja uraian tentang berwirausaha apa yang sekiranya tidak terlalu membutuhkan modal yang terlalu besar dan bisa di lakukan di rumah kita sendiri?

Jujur saja, artikel ini betul-betul menuliskan atau menceritakan tentang pengalaman saya pribadi, dan bukan hanya hasil mengarang-ngarang cerita saja.

Rio Saswono - Pengusaha Keripik Singkong Sukses

Tentunya saya sangat berharap artikel yang saya buat ini nantinya akan bisa menjadi motivasi dan inspirasi sehingga bisa lebih mendongkrak lagi semangat etos kerja bagi semua para pembaca artikel saya.

Satu hal yang penting, bahwa keberhasilan dalam berusaha membutuhkan niat dan tekad yang kuat, kerja keras dan juga ketekunan dari kita semua yang ingin segera mempunyai penghasilan tambahan dari berwirausaha keripik singkong tentu saja.

Selalu Bekerja Keras, Semangat Pantang Menyerah Dan Jangan Lupa Berdo’a

Pada awal tahun 2008 saya memutuskan untuk berhenti bekerja dari tempat saya bekerja di Jakarta, saya memutuskan untuk kembali ke kampung saya tercinta.

Pada awalnya saya bingung mau memulai usaha apa, tapi setelah saya pikir-pikir lagi kenapa harus bingung-bingung sih, di kampung kan banyak sekali potensi-potensi kekayaan alam yang cukup melimpah, seperti contohnya: singkong/jagung/kedelai/ubi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah mempertimbangkan banyak hal, saya memutuskan untuk lebih memilih singkong. Kenapa saya lebih memilih singkong? Selain dari segi harganya yang relatif lebih murah juga karena ketersediaan bahan bakunya yang lebih melimpah jika di bandingkan dengan yang lainnya.

Potensi Singkong

Kelebihan lain yang di miliki singkong adalah bisa untuk di buat menjadi1001 macam makanan, dan saya cenderung untuk lebih memilih berwirausaha keripik singkong.

Modal awal saya berwirausaha keripik singkong adalah sangat-sangat seadanya sekali, saya menggunakan alat-alat dapur yang di miliki orang tua saya, dan kebetulan sekali sudah ada alat untuk mengiris singkong, yang memang masih sangat tradisional sekali.

Pertama sekali saya memproduksi keripik singkong, saya hanya membeli singkong dari tetangga saya sekitar 25 kg saja, dan harga perkilonya saat itu hanya Rp 600.

Dengan alat-alat yang sangat seadanya sekali saya memulai wirausaha keripik singkong kecil-kecilan, dari mulai proses mengiris singkong yang masih di lakukan secara manual, menggoreng, mengemas sampai proses pemasaran yang semuanya di lakukan dengan masih sangat-sangat sederhana sekali tentu saja, dan hanya di bantu oleh keluarga dan juga saudara terdekat saya saja.

Saya singkat saja ya, soalnya terlalu panjang jika saya tuliskan semua pengalaman saya di ertikel ini, dan pastinya semua itu butuh proses yang tidak sebentar. Sampai sekarang 2016, berarti saya sudah menekuni wirausaha keripik singkong selama hampir sekitar 7 tahun lebih.

Kemasan Produk Keripik Singkong

Meski masih bisa di bilang skala rumahan, tapi Alhamdulillah sekarang saya sudah mempunyai karyawan, ya walau masih sedikit tapi lumayan lah. Pemasaran hasil wirausaha keripik singkong sayapun sekarang sudah lumayan luas, dan alat-alat produksinya pun sudah tidak sejadul dulu lagi, saya juga sudah bisa membuat sendiri mesin untuk mengiris singkong dan alat-alat yang lainnya.

Sekarang saya sudah mampu memproduksi keripik singkong dengan bahan baku mentah sekitar 1 ton lebih perminggunya. Dari satu ton singkong akan jadi sekitar kurang lebih 3 kuintal keripik singkong, harga perkilonya Rp 30.000 untuk yang original dan Rp 35.000 untuk yang rasa manis pedas.

PERINCIAN MODAL DALAM SATU MINGGU

•    1 ton singkong [Rp 2000/kg]                           = Rp 2.000.000
•    Minyak goreng 120 kg [Rp 11.000/kg]           = Rp 1.320.000
•    Bumbu Kurang lebih                                       = Rp    500.000
•    Plastik                                                              = Rp    600.000
•    Lain-lain termasuk upah                                  = Rp 2.000.000
•    Total                                                                 = Rp 6.420.000

Jika di kalkulasikan dari satu ton singkong jadi 300 kg keripik singkong, maka Rp 35.000 x 300= Rp Rp.10.500.000 maka laba yang kita dapatkan kurang lebih adalah sekitar Rp 4.080.000 per-minggunya.

Pastinya harga bahan baku dan harga jual keripik singkong akan sangat di sesuaikan dengan tempat tinggal anda. Sekarang anda sudah tahu kan apa garis besarnya dari artikel saya ini!? bisa anda coba praktekkan sendiri di rumah.

Sekian saja artikel tentang wirausaha keripik singkong, semoga jadi inspirasi untuk banyak orang! Baca juga artikel inovasi keripik singkong 2016 di blog saya.

Artikel ini ditulis oleh guest blogger Rio Saswono, pengusaha keripik singkong yang sukses menjalankan usahanya dari nol. Anda bisa menghubungi Mas Rio melalui email di riosaswono@gmail.com.