Peluang Usaha Eceng Gondok

peluang usaha dari ecengPeluang Usaha  Eceng gondok saat ini tidak ada yang mengira bahwa eceng gondok ini merupakan  peluang yang bisa menjanjikan serta menguntungkan. Pada kesempatan kali ini kita akan ulas mengenai peluang usaha apa saja yang bisa Anda gunakan dengan menggunakan eceng gondok yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kesuksesan.

Eceng gondok yang mempunyai nama Latin Eichhornia Crassipes ini adalah gulma bagi perairan seperti di Waduk, Rawa dan Situ. Eceng gondok dengan cepat berkembang di tempat yang perairannya terkena limbah karena bisa mengikat logam berat dalam air seperti besi, seng, tembaga, serta raksa.

Dikarenakan perkembangan eceng gondok ini sangat pesat, jika didiamkan, eceng gondok dapat menyebabkan perairan menjadi dangkal karena sedimentasi.

Walaupun demikian, eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Berikut ini adalah peluang Usaha eceng gondok yang bisa dijadikan suatu produk:

Sebagai Bahan Kerajinan Tangan – Handcraft

Eceng gondok dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan kerajinan tangan yang cantik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Nilai jual sebuah tas cantik yang terbuat dari eceng gondok biasanya di hargai antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Bahkan di beberapa gerai bisa mencapai Rp 80.000, tentu saja dengan kreativitas dan kualitas yang tinggi.

Eceng gondok juga bisa Anda  jadikan furniture sebagai pengganti rotan, yang  harganya tentu saja lebih tinggi. Biasanya harganya ditaksir mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 15.000.000 per setnya, pasar eksport-pun juga masih terbuka luas.

Dalam pembuatan kerajinan tangan Eceng gondok ini dibutuhkan proses yang agak lama, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pisahkan pangkal tangkai eceng gondok, setelah itu keringkan sekitar dua minggu.
  2. Sesudah eceng gondok itu kering, bentuk kepangan kepangan panjang.
  3. Eceng gondok pun sudah siap untuk dianyam dan menjadi barang kerajinan tangan yang diinginkan, mulai dari tas cantik, pot bunga, tempat pensil, tempat sampah, kotak tisu, perlengkapan dapur dan furniture.
  4. Agar lebih meningkatkan daya tarik dari hasil kerajinan tangat tersebut, hasil anyaman dapat dicat dan dipernis. Kreativitas Anda dalam membuat desain sangat di perlukan agar hasil kerajinan tangan yang dihasilkanpun dapat menarik dan berkualitas serta memiliki nilai jual yang tinggi serta mampu menarik para pelanggan..

Sebagai Pakan Hewan Ternak

Jika Anda ingin menggunakan Eceng gondok ini sebagai pakan ternak, eceng gondok ini harus diolah terlebih dahulu karena memiliki kandungan serat kasar yang tinggi. Salah satunya diolah terlebih dahulu melalui teknik fermentasi.

Dalam proses ini, eceng gondok diolah menjadi tepung, kemudian difermentasi secara padat dengan bantuan campuran mineral serta mikroba Trichoderma harzianum yang dilakukan selama empat hari dalam suhu ruang.

Teknik fermentasi ini dapat meningkatkan nilai gizi yang terdapat didalam eceng gondok. Protein kasar meningkat sebesar 61,81 % (6,31 ke 10,21 persen) serta serat kasar turun hingga 18 % (dari 26,61 ke 21,82 persen). Bila diberikan kepada ayam, eceng gondok hasil fermentasi ini tidak menyebabkan pengaruh yang berbeda secara nyata terhadap konsumsi, konversi pakan, bobot hidup, lemak abdomen, persentase karkas, serta bobot organ pencernaan, walau terdapat kecenderungan penurunan nilai gizi pada peningkatan produk fermentasi eceng gondok. Karena itu, eceng gondok hasil fermentasi bisa dicampurkan hingga 15 % didalam pakan ayam pedaging.

##

Anda dapat menggunakan Eceng gondok  ini sebagai salah satu peluang usaha eceng gondok seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Maka fokuslah terhadap salah satu jenis usaha eceng gondok terlebih dahulu, dan apabila sudah cukup sukses baru Anda bisa menggunakan eceng gondok sebagai usaha yang lainnya.

Semoga Bermanfaat.