Tips Membuka Toko Bangunan

toko bahan bangunanPembangunan perumahan di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat beberapa tahun terakhir.

Hal ini tentunya memberikan pengaruh pada peningkatan permintaan akan bahan bangunan. Beberapa pelaku bisnis yang potensial diuntungkan oleh kondisi ini seperti jasa kontraktor, pelaku bisnis produksi serta produsen ataupun distributor bahan bangunan.

Nah, memulai usaha dengan membuka toko bangunan adalah salah satu alternatif tepat bagi pencari usaha baru. Bisnis ini akan selalu berjalan selama masih ada pembangunan di sekitar kita.

Selain itu keuntungan yang diperoleh dari usaha ini juga memberikan peluang yang cukup besar, sehingga menarik para pencari usaha. Hal ini juga akan berdampak pada banyaknya toko bangunan yang bermunculan di sekitar kita, sehingga persaingan pasarnya juga semakin meningkat.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk membuka usaha toko bangunan yang bisa Anda coba:

Menentukan Lokasi

Tentukan lokasi usaha yang strategis maksud dari lokasi yang strategis yaitu tidak saja lokasi tersebut dilalui banyak orang, tetapi juga dekat dengan pemukiman warga yang dimungkinkan masih akan ada pembangunan sehingga peluang konsumen yang mencari bahan bangunan masih sangat besar.

Promosi

Perlu adanya promosi usaha toko bangunan Anda. Contohnya launching dengan cara mengundang warga sekitar dan spanduk besar yang dipasang di depan toko bangunan serta karangan bunga dari rekan akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen sehingga konsumen mengetahui keberadaan toko bangunan Anda.

Untuk promosi bisnis selanjutnya Anda bisa memberikan potongan harga untuk pembelian sejumlah tertentu yang telah Anda tentukan. Anda bisa juga memberikan bonus tiap periode tertentu berupa jam dinding atau kalender yang berlogo nama toko bangunan Anda.

Perhatikan Kebutuhan dan Permintaan Pasar

Siapkan kebutuhan pasar akan bahan bangunan. Contohnya jika sedang banyak pembangunan rumah, permintaan akan semen, pasir, batu bata, genting serta besi pasti akan mengalami peningkatan. Dengan kondisi tersebut tambahkan persediaan akan bahan bangunan tersebut.

Selain itu, saat memasuki musim penghujan biasanya banyak rumah yang saluran pipa airnya rusak ataupun bocor, jadi sebaiknya Anda lebih menambahkan persediaan pipa air untuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Kondisi lain yang dapat dijumpai yaitu saat menjelang perayaan hari penting, seperti saat menjelang perayaan HUT Republik Indonesia kebutuhan akan cat akan meningkat dibanding hari-hari biasanya.

Oleh sebab itu Anda sebaiknya memperhatikan permintaan pasar yang sering berubah sesuai dengan musimnya, upayakan memilih barang yang mudah dijual pada tiap musimnya.

Utamakan Pelayanan

Selalu berikan pelayanan yang sopan dan ramah untuk setiap konsumen. Kebanyakan pelayanan yang sopan dan ramah hanya diberikan kepada konsumen yang sudah pasti membeli saja. Sedangkan bagi konsumen yang sekedar bertanya saja tapi belum pasti membeli, biasanya hanya dilayani dengan seenaknya.

Kebiasaan buruk seperti ini akan membuat konsumen malas untuk kembali ke toko Anda. Informasikan juga jam buka toko Anda kepada konsumen, sehingga konsumen tidak kecewa bila datang ke toko Anda jika jam kerja sudah habis. Untuk toko bangunan biasa dibuka dari jam 08.00 sampai jam 16.00 setiap harinya.

Sediakan Bahan Berkualitas

Pilihlah bahan bangunan yang berkualitas baik karena material bangunan mempengaruhi keamanan, kekuatan dan keawetan suatu bangunan. Misalnya untuk bahan bangunan seperti pasir, pilih yang berbutir tajam dan tidak mengandung bahan organis ataupun lumpur.

Sedangkan untuk batu kerikil pilih batu kerikil yang keras dan tidak berpori dengan bentuk yang tajam. Sangat penting memiliki pengetahuan mengenai bahan yang berkualitas untuk semua produk supaya nantinya konsumen tidak merasa dikecewakan dengan produk yang asal-asalan.

###

Demikianlah beberapa tips memulai bisnis toko bangunan. Selamat mencoba, semoga sukses dengan usaha yang ingin Anda rintis.