Tips Usaha Jasa Pencucian Mobil dan Motor

usaha pencucian motorJumlah pengguna mobil maupun motor semakin hari semakin bertambah diiringi daya beli masyarakat yang terus meningkat. Kondisi ini merupakan sebuah peluang untuk membuka usaha jasa pencucian mobil maupun motor.

Mendirikan usaha cuci mobil dan sepeda motor merupakan salah satu usaha yang cukup mudah dengan modal yang tidak begitu besar dengan pengelolaan yang tidak terlalu susah. Sehingga, usaha ini bisa digunakan sebagai alternatif penambah penghasilan

Kegiatan mencuci mobil atau sepeda motor menurut banyak orang merupakan sebuah pekerjaan yang cukup membosankan dan cukup menyita waktu. Selain itu apabila mencuci tanpa bantuan mesin kompresor hasilnya pun kurang bersih atau maksimal. Sehingga kita bisa memanfaatkannya dengan mendirikan usaha cuci mobil dan sepeda motor.

Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendirikan usaha cuci mobil dan sepeda motor :

A. Menentukan Tempat yang Strategis

Untuk mendirikan usaha cuci mobil dan motor ini diperlukan tempat yang strategis dan  cukup ramai dilalui orang, sehingga banyak orang yang melihat tempat usaha yang kita dirikan . Selain itu, tempat yang kita pilih untuk mendirikan usaha cuci mobil dan motor harus luas agar dapat dimasuki mobil dan mempunyai tempat  parkir yang memadai agar para konsumen atau pelanggan kita merasa nyaman dan akan kembali lagi. Dengan menyewa tempat usaha, kita bisa menghemat modal untuk membuka usaha ini.

b. Membuat promosi yang sangat menarik

Buatlah promosi tempat usaha pencucian mobil dan motor dengan kata-kata dan desain yang menarik agar dapat menarik minat calon konsumen Anda untuk datang berkunjung. Promosi bisa kita lakukan dengan memberi diskon pada setiap kali pencucian atau mendapat cuci gratis kepada para pelanggan yang sudah lima kali melakukan pencucian di usaha kita ini.

c. Merekrut Pegawai yang Ahli dan Memiliki Sikap yang Ramah

Rekrutlah pegawai yang mempunyai keahlian di bidang usaha yang kita dirikan dan mempunyai sikap keramahan yang baik. Karena hasil pekerjaan dan keramahan pegawai merupakan salah satu kunci penting kepuasan pelanggan. Sehingga dengan hasil pekerjaan yang baik serta pelayanan yang baik pula para pelanggan akan kembali untuk mencucikan kendaraan mereka lagi

d. Memakai Peralatan yang mempunyai kualitas baik.

Gunakanlah alat-alat pencucian mobil dan motor yang sudah teruji kualitasnya. Penggunaan peralatan pencucian kendaraan yang berkualitas dapat menghemat biaya perawatan alat dan juga mempercepat proses kerja karyawan. Dengan begitu waktu kerja tidak terbuang sia-sia dan lebih banyak pelanggan yang bisa terlayani.

e. Pengelolaan Keuangan dengan Baik

Semua jenis usaha apabila pengelolaan keuangannya harus dikelola dengan sistem yang baik, termasuk juga dengan usaha cuci mobil dan sepeda motor yang kita dirikan ini. Catatlah seluruh pengeluaran maupun pemasukkan, sehingga kita dapat mengetahui apakah usaha cuci mobil dan motor yang kita dirikan ini mengalami keuntung ataupun  kerugian.

Pengelolaan keuangan merupakan titik penting dalam bisnis. Pencatatan pemasukan dan pengeluaran harus benar-benar dikerjakan dengan cermat untuk mengetahui untung ruginya perusahaan. Pencatatan yang baik dapat mengontrol penggunaan bahan dan alat, sehingga dapat dilakukan penghematan.

Semoga apa yang kami sampaikan dalam Tips Mendirikan Usaha Pencucian Mobil dan Motor. Selamat berwirausaha