Tips Memulai Usaha Florist Bunga

Florist bunga hiasHobi yang ditekuni dengan cermat bisa mendatangkan uang. Jika Anda pandai melihat celah, hobi akan bisa menjadi lahan bisnis yang sangat potensial.

Salah satu diantaranya yaitu hobi memelihara dan merangkai bunga. Membuka toko bunga atau florist bisa menjadi salah satu lahan bisnis yang bagus dan mempunyai prospek yang bagus.

Nah, sebelum memulai usaha ini ada baiknya Anda memahami enam poin berikut ini:

Merasa Suka

Ya, Anda harus memiliki perasaan suka merangkai bunga. Memang tidak bisa dipungkiri, bila kita ingin membuka suatu usaha pasti mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.

Tetapi membuka usaha florist hendaknya jangan hanya berorientasi pada keuntungan semata saja. Anda harus memiliki hasrat untuk mencintai bunga serta senang bersama mereka. Apabila hal tersebut selalu ada di hati Anda, maka Anda tidak akan stress melakoni usaha tersebut.

Mempunyai Kreatifitas

Selain harus memiliki keterampilan berwirausaha, mengembangkan usaha toko bunga menuntut daya kreatifitas. Bila Anda berjiwa kreatif dalam menata dan mengharmonisasikan rangkaian bunga, maka konsumen akan memilih Anda sebagai pilihan istimewa dalam urusan bunga.

Mempunyai Daya Imajinasi

Mempunyai imajinasi tinggi dalam memadu padankan koleksi warna-warni bunga. Daya imajinasi dalam mengkombinasikan variasi bunga dan mendesain tatanan serta komposisi bunga sangat diperlukan dalam memajukan usaha florist kamu.

Berjiwa Ramah dan Sopan

Keramahan dalam melayani konsumen merupakan salah satu poin yang sangat penting untuk memajukan usaha florist Anda. Karena jika konsumen di layani dengan sopan dan ramah maka pelanggan tersebut merasa nyaman untuk kembali lagi membeli bunga di tempat Anda.

Berpengetahuan Tentang Bunga

Mengerti hal-hal yang terkait dengan bunga baik itu kegunaannya, asal-usulnya, bagaimana cara merawatnya agar tumbuh dengan bagus dan aneka pengetahuan lainnya yang berkaitan dengan bunga.

Anda harus mampu menjadi gudang informasi bagi para konsumen, sehingga mereka akan menganggap Anda sebagai seorang pengusaha florist yang profesional. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jadi perbanyaklah membaca tentang bunga.

Mempunyai Insting

Mempunyai insting dalam menebak apa yang dipikirkan oleh konsumen, terutama mencarikan solusi yang tepat terhadap keinginan dalam hatinya. Contohnya seorang konsumen ingin memberikan hadiah bunga untuk orang yang dia taksir, maka Anda hendaknya bisa memberikan solusi jenis bunga apa yang tepat berdasarkan karakter orang yang akan diberikannya bunga tersebut.

Mengetahui Bentuk

Bentuk produk dari usaha florist ada berbagai jenis misalnya papan bunga yang berguna sebagai ucapan selamat ataupun ucapan bela sungkawa, flower vast adalah produk bunga berupa rangkaian bunga yang ditaruh di dalam vas.

Selain itu ada juga hand bouquet flower, rangkaian bunga yang diikat dalam kertas atau plastik cantik dan biasanya diberikan untuk kekasih, dan bunga cacahan adalah bunga yang dipakai untuk nyekar di kuburan.

###

Untuk mengembangkan usaha florist, Anda bisa menawarkan jasa mengganti dan menghias bunga pada vast atau pot yang ada di kantor perusahaan. Anda juga bisa membuka celah untuk menawarkan jasa untuk menghias bunga dalam suatu pesta di rumah penduduk.

Apabila Anda mempunyai modal lebih, ada baiknya Anda memiliki lahan sendiri untuk mengembangbiakan koleksi bunga yang Anda miliki, serta menyediakan ruang pendingin yang berguna untuk menjaga kesegaran bunga lebih lama. Karena resiko dari usaha florist yaitu produk yang kita jual tidak bisa bertahan lama.

Bila Anda khawatir terhadap resiko tersebut, ada baiknya Anda memilih jenis-jenis bunga yang kesegarannya bisa tahan lama atau memilih aneka bunga yang bisa diolah kembali jika tidak laku contohnya, bunga melati untuk minyak wangi, olahan bunga matahari untuk kesehatan, bunga rosela untuk teh, dan sebagainya.

###

Menyalurkan hobi menjadi usaha akan memiliki manfaat ganda. Manfaat pertama memberikan kesehatan psikologis bagi Anda karena tersalurnya hobi yang Anda miliki. Kedua, hobi tersebut memberikan keuntungan secara finansial bagi Anda.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat menginspirasi Anda untuk berwirausaha dan menyalurkan hobi Anda pada tempat yang tepat. Selamat mencoba!