Tips Memulai Bisnis Jual Beli Furniture

Tips Memulai Bisnis Jual Beli FurnitureTIPSWIRAUSAHA.COM – Ada banyak toko furniture yang sudah beredar saat ini dan satu sama lain bersaing dengan ketat. Sebagian yang tidak mampu mengikuti ganasnya persaingan terpaksa tutup.

Sebenarnya hal ini sudah sangat lumrah dalam dunia bisnis. Tidak hanya terjadi pada bisnis jual beli furniture saja, tetapi juga butik, toko buku dan toko sepatu pun demikian.

Ketika persaingan ini terus berkembang dengan munculnya berbagai macam toko baru dan berbagai macam trik penjualan dan pelayanan, maka bagi mereka yang tidak dapat mengikuti dinamika perubahan yang ada pastinya harus gulung tikar.

Suatu ancaman bagi toko jual beli furniture yang hanya menggunakan cara berjualan klasik, tanpa mau melakukan suatu perubahan. Perlu Anda sadari bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu yang tetap, segalanya terus mengalami perputaran atau pergeseran, dan keberadaan para pebisnis yang tetap eksis ditentukan oleh kecerdasannya dalam menyiasati keadaan yang saat ini terus berkembang.

Nah, jika toko furniture lain hanya mejeng saja, sambil menunggu konsumen datang, mengapa tidak mencoba membuat toko furniture berjalan? Istilah yang populer untuk hal ini adalah strategi menjemput bola.

Anda belum pernah mencobanya? Berikut ini adalah beberapa teknik dan keunggulan yang bisa Anda coba terapkan:

1. Konsultan Furniture

Berdayakan karyawan toko untuk bekerja di luar toko sebagai konsultan furniture, tetapi jangan disebut sebagai sales, karena hal ini biasanya menimbulkan gengsi. Menggunakan istilah konsultan, mereka akan merasa lebih termotivasi.

Dengan menjanjikan sedikit bonus penjualan, pastinya akan menjadi motivasi tertentu yang menarik untuk mereka kejar. Kebanyakan orang yang berbisnis di bidang furniture ini hanya memberdayakan karyawan yang kerjanya hanya duduk manis saja, sembari menunggu calon pelanggan datang.

Anda akan rugi jika menerapkan hal seperti itu. Anda hanya membayar mereka yang kerjanya pasif, begitu juga dengan mereka, karena tidak ada kemampuan atau skill yang bertambah.

Sebagian besar orang sibuk akan merasa terlayani karena mereka memang tidak memiliki cukup waktu untuk berkunjung ke toko furniture Anda. Untuk selebihnya, Anda bisa dengan cara berkomunikasi dengan para pelanggan menjadi lebih baik lagi.

Gunakanlah kesempatan ini untuk membuat promosi yang lebih menarik lagi. Orang yang awalnya tidak memiliki rencara untuk membeli parabot, dengan kehadiran petugas toko furniture yang datang maka tentu akan memancing minatnya.

2. Penjualan dengan Kredit

Untuk para pelanggan yang merupakan pegawai, akan sangat besar peluang Anda meningkatkan pejualanan yang lebih dengan cara kredit. Namun tak perlu khawatir, Anda pasti tetap mendapatkan pembayaran tunai dengan cara menjalin kerja sama dengan koperasi karyawan yang ada.

Para konsultan furniture harus Anda bekali dengan cara negosiasi untuk membuka peluang kerja sama seperti ini.

Cara ini tepat untuk mengurangi biaya stok toko Anda, yaitu dengan cara para konsultan furniture membawa katalog produk sebanyak mungkin tanpa perlunya ketersediaan barang di toko Anda. Ketika ada pemesanan, baru Anda mengambil barang, hal ini baik sekali untuk menyiasati keterbatasan modal.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.atlantiscapitalllc.com)