Tips Memulai Bisnis Rental Playstation

Tips Memulai Bisnis Rental PlaystationTIPSWIRAUSAHA.COM – Membuka usaha yang bisa mendatangkan keuntungan besar tidaklah sulitA. Anda bisa melakukannya jika jeli dalam memperhatikan peluang yang ada. Melihat peluang dapat dilakukan dengan cara mengadakan survei kecil tentang hal apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, membuka usaha yang berkaitan dengan hobi maupun minat, akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Misalnya, jika Anda gemar bermain playstation, maka membuka usaha rental playstation bisa Anda geluti.

Berikut ini tips memulai bisnis rental playstation:

1. Memilih Tempat

Lihatlah kondisi tempat di mana Anda  hendak membuka bisnis tersebut. Kondisi tersebut bisa meliputi keadaan ekonomi masyarakatnya hingga mengenai banyaknya anak yang mungkin gemar bermain playstation.

Jika hal tersebut dirasa sudah sesuai, maka Anda bisa memutuskan tempat yang bisa digunakan untuk bisnis rental playstation. Dengan memilih lokasi yang strategis tersebut dapat mempermudah Anda dalam menuai keuntungan.  Atau Anda bisa memulai dari rumah Anda, minimal apabila ruangan Anda berukuran 12 meter persegi sudah cukup untuk memulai bisnis rental playstation ini.

Idealnya bila ruangan bisnis rental playstation ini ukurannya memanjang, TV dan PS diletakkan di samping kanan dan kiri. Dengan demikian dapat memudahkan Anda mengawasi jalannya bisnis ini.

2. Kualitas Playstation

Dalam memulai bisnis rental playstation ini, usahakan untuk selalu menggunakan playstation dengan kualitas bagus karena hal ini dapat mengurangi potensi kerusakan.

Sekarang ini sudah ada playstation yang menggunakan hardisk. Oleh sebab itu, menggunakan hardisk bisa menjadi salah satu cara untuk menarik minat orang-orang untuk menyewa playstation di tempat Anda.

Bagaimanapun, penggunaan hardisk akan lebih efektif dan praktis karena proses loadingnya tidak terlalu lama. Selain itu, pembelian stik PS juga harus diperhatikan. Usahakan untuk membeli stik yang berkualitas bagus pula. Hal penting yang mendukung kesuksesan bisnis rental playstation ini adalah penggunaan stik PS.

Dalam memulai bisnis rental playstation ini yang paling sering membutuhkan perhatian lebih yaitu stik PS karena biasanya setiap bulan selalu saja ada yang rusak.

Ketika menjalankan bisnis rental playstation ini, selalu memilih game yang terbaru atau up to date, karena video game terbaru ini setiap minggu selalu muncul dan dapat menarik orang untuk bermain di tempat Anda.

3. Menambah Penghasilan

Lipat-gandakan penghasilan usaha rental playstation. Pada saat bermain PS rata-rata membutuhkan waktu lama, minimal 2 jam. Jadi peluang bisnis yang bisa Anda kembangkan selain rental playstation adalah produk pendukung seperti menjual rokok, minuman dingin, makanan ringan, pulsa isi ulang.

Ide sederhana ini akan bisa meningkatkan usaha rental playstation kamu. Apabila kamu tidak memiliki modal besar untuk memulai usaha rental playstation kamu bisa mencoba tips di bawah ini:

1. Gunakan ruangan di rumah Anda

2. Mulai dengan 2 unit Play Station, misalnya PS2 atau PS3.

3. Untuk karyawan libatkan saudara Anda

4. Untuk pengadaan TV atau PS, Anda bisa membeli dengan meminjam modal terlebih dahulu.

Total modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis rental playstation dengan cara di atas tidak lebih dari 5 juta rupiah.

Asumsi Pemasukan

Asumsi pemasukan kotor bisnis rental playstation: 

  • 1 hari efektif 10 jam ada 2 PS maka @Rp. 5000 x 20 jam = Rp 100.000,-
  • Masih ditambah dengan pemasukan tambahan dari makanan atau minuman.
  • Jadi pendapatan sehari bisa ditarget minimal 100 ribu
  • Total omset kotor bisnis rental playstation dalam sebulan sekitar 5 juta-an.
  • Untuk tahap awal selain digunakan untuk menyicil kredit juga harus berani menambah TV dan PS lagi. Dengan cara itu dalam waktu 1 tahun bisnis rental playstation kamu akan berkembang dengan pesat.

(photo: www.rentittoday.com)