Beberapa Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Coba

Beberapa Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda CobaTIPSWIRAUSAHA.COM – Saat ini sudah banyak sekali orang yang ingin menjalani bisnis atau ingin memulai usaha tetapi terkendala pada faktor modal yang dimiliki.

Kebanyakan orang yang merasa bahwa untuk memulai suatu usaha itu diperlukan modal yang lumayan besar.

Walaupun pemikiran seperti ini terkadang bisa berarti benar, namun bagi orang yang memiliki mental baja dan pemikiran yang terbuka, maka suatu usaha atau bisnis pun akan terbuka lebar dan dapat dilakukan tanpa membutuhkan modal sepeser pun alias tanpa modal.

Bagi Anda yang merasa kurangnya modal untuk melakukan usaha atau bisnis, berikut ini ada beberapa jenis bisnis yang bisa Anda lakukan tanpa modal:

Usaha Les Privat

Jika Anda memiliki keahlian atau kemampuan mengajar, Anda bisa membuka usaha les privat yang bisa Anda lakukan di rumah ataupun rumah ke rumah.

Dengan mengandalkan keahlian dan ilmu yang dimiliki, Anda bisa memulai usaha les privat atau bimbingan belajar ini tanpa menggunakan modal sepeserpun, Anda bisa menggunakan rumah atau tempat tinggal Anda sebagai lokasi usaha les privat, pun Anda juga bisa menawarkan les privat panggilan ke rumah murid anda.

Reseller Produk

Menjadi reseller produk artinya Anda bekerja dengan cara menjual produk orang lain tanpa Anda harus membelinya terlebih dahulu. Anda bisa menjual kembali produk yang dijual seseorang pada para calon konsumen atau dapat disebut sebagai sales produk.

Produk tersebut tentunya bisa beraneka ragam, misalnya peralatan rumah tangga, kosmetik, pakaian, gadget, barang elektronik atau makanan ringan dan lain sebagainya.

Anda harus mengusahakan untuk menemukan produk yang dapat diretur bila tidak laku dijual lagi. Selain itu, berikan penawaran harga yang relatif terjangkau daripada penjual lainnya.

Usahakan juga untuk mencari produk yang sekiranya saat itu sedang dibutuhkan, untuk masalah pemasaran produk Anda bisa melakukannya secara online ataupun offline.

Usaha Laudry

Jika di rumah Anda memiliki mesin cuci, maka mesin cuci itu bisa dijadikan usaha tanpa perlu mengeluarkan modal. Usaha ini adalah usaha laundy yang saat ini kian marak di pasaran. C

ukup dengan bermodalkan mesin cuci yang ada di rumah Anda, Anda bisa memulai menjalankan usaha ini di rumah dengan cara menawarkan pada para tetangga sekitar atau orang-orang yang Anda kenal.

Jasa Potong Rambut

BagiAnda yang memiliki keahlian memotong rambut, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut dengan menyediakan jasa potong rambut secara sederhana di rumah Anda.

Sementara bagi Anda yang memiliki minat untuk menekuni usaha jasa potong rambut tanpa modal ini tapi belum mahir dalam hal memotong rambut, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu pada rekan atau kerabat Anda yang sudah ahli dalam hal memotong rambut.

Usaha Cuci Motor

Jenis bisnis selanjutnya yang bisa Anda kerjakan tanpa menggunakan modal adalah dengan membuka usaha cuci motor.

Usaha cuci motor atau mobil ini sangatlah sederhana, Anda hanya memerlukan peralatan yang sederhana juga, seperti air, ember, lap, dan sabun khusus untuk kendaraan. Kalau untuk masalah tempat, Anda bisa mendayaguanakan lahan kosong atau sekitar rumah, atau bisa juga di halaman rumah Anda sendiri.

Nah, itulah beberapa jenis usaha atau bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba untuk memulai usaha, dan semoga Anda bisa menjalankannya dengan benar dan serius. Suatu usaha apapun, walaupun itu menggunakan modal atau tidak, jika ditekuni secara serius dan sungguh-sungguh pasti akan berkembang.

Semoga bermanfaat.

(photo: firstclassbusiness.org)