Tips Memulai Bisnis Perlengkapan dan Peralatan Sekolah

TIPSWIRAUSAHA.COM –bisnis perlengkapan sekolah Jelang memasuki tahun ajaran baru, kebanyakan para orang tua mulai disibukkan dengan memikirkan tentang sekolah anak-anaknya, mulai dari memikirkan biaya pendaftaran masuk sekolah hingga ke biaya untuk perlengkapan serta peralatan anak-anaknya bersekolah.

Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki anak yang baru naik tingkat dari Sekolah Dasar ke SMP, SMP ke SMA atau juga dari SMA ke Universitas.

Pasalnya biaya yang mereka keluarkan itu pasti akan membengkak karena mereka para orang tua tidak hanya memikirkan untuk bagaimana caranya untuk membeli perlengkapan atau peralatan sekolah tapi memikirkan biaya untuk masuk pendaftaran sekolahnya.

Maka dari itu, saat ini adalah saat yang tepat untuk anda membuka usaha penjualan perlengkapan dan peralatan sekolah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis perlengkapan dan peralatan sekolah yang sangat menggiurkan:

Strategi bisnis

Tips yang pertama adalah menetukan strategi bisnis yang akan anda lakukan dalam melakukan penjualan perlengakapan dan peralatan sekolah. Untuk hal yang satu ini, sebaiknya anda mengikuti trend yang saat itu sedang berkembang dan melihat kalender sekolah.

Apabila sekarang ini adalah tahun ajaran baru maka tidak ada salahnya jika anda fokus untuk berjualan buku tulis atau tas sekolah atau perlengkapan yang lainnya seperti baju, celana, dasi, topi dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya akan menjadi prospek. Maka dari itu pilihlah desain produk peralatan sekolah yang sesuai dengan karakter dan tokoh yang sedang digemari oleh anak-anak sekolah.

Modal

Tips yang selanjutnya adalah dengan memiliki modal yang cukup. Berjualan perlengkapan dan peralatan sekolah ini tidak harus dengan modal yang besar. Anda bisa memulainya hanya dengan modal sekitar Rp500.000 atau sesuaikan saja dengan kesiapan modal yang sedang anda miliki.

Sementara itu, harga jualnya nanti pasti bisa hingga 2 kali lipat dari modal awal anda, bahkan ada beberapa produk yang bisa mendatangkan keuntungan lebih dari 50%, terutama produk peratan sekolah yang unik dengan gambar serta desain yang sedang trend pada masa itu.

Lokasi yang strategi

Tips yang selanjutnya adalah dengan menentukan lokasi yang strategis untuk melakukan penjualan perlengkapan sekolah ini. Maka dari itu pilihlah lokasi jualan yang strategis misalnya di dekat sekolah dan di tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah beserta orang tuanya.

Jika anda memiliki modal yang lebih, ada baiknya anda membuka toko di sekitar sekolah atau di kawasan pasar. Anda juga bisa mencoba untuk berjualan di pasar-pasar kaget yang biasanya diadakan setiap hari minggu ataupun hari hari tertentu. Biasanya lokasi seperti ini banyak sekali dikunjungi oleh anak-anak bersama orang tuanya.

Beli produk di pusat grosir

Tips yang selanjutnya adalah dengan membeli produk di pusat-pusat grosir, seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, apabila untuk dipakai mungkin tidak menjadi masalah membeli peralatan tersebut di toko-toko terdekat.

Tetapi jika untuk dijual kembali, maka belilah produknya di pusat grosir yang lebih tepat, karena harga yang ditawarkan dalam pusat grosir ini pasti lebih murah, sehingga keuntungan yang akan diraih juga akan semakin besar.

Promosi

Tips yang selanjutnya adalah dengan melakukan promosi, karena dengan anda melakukan promosi, maka toko serta produk yang anda jual akan dikenal oleh orang banyak.

Anda bisa melakukan promosi ini dengan cara mulut kemulut atau dengan menggunakan brosur atau bisa juga dengan media online seperti membuat toko online lalu anda share ke facebook dan twitter atau yang lain sebagainya.

###
Nah itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam hal memulai usaha perlengkapan serta peralatan sekolah. Semoga bermanfaat.