4 Strategi Meningkatkan Penjualan

4 Strategi Meningkatkan PenjualanTIPSWIRAUSAHA.COM – Sudah saatnya Anda merubah strategi penjualan Anda untuk meningkatkan penjualan yang sudah Anda lakukan. Anda bisa meningkatkan penjualan Anda secara dramatis. Dari strategi penjualan yang hanya menarik konsumen baru, hingga menggoda konsumen agar kembali datang untuk membelinya lagi.

Prospek penjualan yang terbaik adalah prospek yang sudah Anda ubah, dengan kata lain yaitu salah satu dari konsumen Anda berpikir tentang cara ini.

Jika bisnis Anda terletak di sebuah kota kecil dengan populasi sekitar 1000 jiwa dan Anda menjual majalah Anda pada semua orang yang berada di kota tersebut, baik itu pria, wanita dan anak-anak, maka Anda telah menjual majalah Anda dan mampu unktu memenuhi pasar Anda.

Maka penjualan majalah Anda sehari itu sudah berakhir, apakah waktunya untuk berberes-beres dan maju ke langkah berikutnya? Belum dong, pastinya!

Jika Anda mulai memfokuskan usaha penjualan Anda untuk menjamin para konsumen itu akan kembali untuk membeli produk Anda lagi, maka anda akan bisa meningkatkan penjualan majalah Anda secara dramatis.

Berikut ini adalah cara yang manjur untuk meningkatkan penjualan yang akan membantu Anda untuk menambah kesetiaan para konsumen:

Persiapkan program pendorong penjualan

Berikan alasan kepada staff marketing Anda untuk pergi keluar sana dan melakukan penjualan.

Mengapa begitu banyak bisnis yang mempercayai staff marketing mereka untuk mengendalikan dan menangani penjualan. Karena mereka menawarkan para staff marketing mereka dengan sebuah bonus untuk setiap transaksi pembelian yang dilakukan.

Menumbuhkan rasa semangat

Tumbuhkan rasa semangat dan keberanian untuk menjual kepada para staff marketing Anda. Pada dasarnya, pemasaran yang melibatkan produk atau jasa lain berhubungan dengan produk yang sedang Anda pasarkan dan membuatnya agar lebih sesuai dan dibutuhkan oleh para pelanggan Anda untuk membelinya.

Jika dalam artian hanya dengan menempatkan tambahan produk lain di dekat produk yang Anda fokuskan untuk dipasarkan, tidak akan melejitkan penjualan Anda.

Agar penjualan anda lebih sukses, konsumen harus diyakinkan dengan adanya sebuah keuntungan dan manfaat dari sebuah produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Program Penghargaan

Rancanglah sebuah program penghargaan bagi pelanggan Anda. Kita semua sudah mengenal dengan yang namanya program penghargaan untuk para pelanggan setia, yang mana sudah banyak para pebisnis besar yang menyelenggarakannya.

Tetapi tidak ada alasan untuk Anda, meski masih tergolong pebisnis kecil, untuk tidak dapat menyelenggarakan atau menciptakan sebuah program penghargaan bagi para pelanggan setia Anda.

Anda tentu bisa menyelenggarakannya dengan sangat sederhana, hanya dengan sebuah diskon untuk pelanggan yang berulang tahun pada tanggal yang sudah ditentukan, atau memberikan potongan harga  yang sangat besar untuk para pelanggan yang sudah memiliki poin tertinggi dalam pembelian di perusahan atau bisnis Anda.

Survey telah menyatakan bahwa dengan mengadakan program penghargaan terhadap pelanggan ini dapat meningkatkan penjualan dan menciptakan kesetiaan pelanggan  terhadap Anda.

Contoh Gratis

Berikan contoh gratis kepada pelanggan. Mengapa sangat banyak pebisnis yang mengikut sertakan contoh produk gratis saat Anda membeli produk mereka?

Karena hal itu dapat meningkatkan penjualan dalam banyak cara. Para konsumen yang telah membeli produk asli dan kemungkinan besar merasa puas, pasti akan kembali untuk mencoba dan menyukai produk yang baru sama.

Ubahlah fokus pemasaran Anda untuk lebih memberikan keyakinan, dorongan dan kenyamanan kepada  para pelanggan setia Anda yang sudah kenal dan menjadi konsumen Anda sebelumnya.

Hingga saat ini, tips-tips tersebut telah terbukti lebih manjur dalam meningkatkan penjualan, bahkan handal dalam menciptakan kesetiaan para konsumen yang mempengaruhi penjualan berulang.

Semoga bermanfaat.

 (photo: www.nimble.com)