Tips Sukses Membangun Bisnis Bengkel Cat Mobil

Tips Sukses Membangun Bisnis Bengkel Cat MobilTIPSWIRAUSAHA.COM – Mengelola bengkel cat mobil adalah bisnis yang menguntungkan dan unik. Tetapi juga, seperti bisnis yang lain, Anda sudah seharusnya membuat rencana dan mempunyai proposal bisnis bengkel untuk memulai bisnis  tersebut. 

Jadi jika Anda ingin memulai bisnis bengkel cat mobil, kami akan memberikan beberapa tips yang Anda butuhkan guna mendapatkan penghasilan dari bisnis bengkel cat mobil tersebut.

Membangun tempat bisnis bengkel cat mobil adalah sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri. Dibutuhkan orang-orang yang memang berbakat serta mahir untuk dapat menjalankan jenis bisnis ini. Sangatlah mudah untuk memulai bisnis bengkel cat mobil ini, apalagi jika Anda sebelumya telah mempunyai ide yang dapat mendukung bisnis bengkel cat mobil ini.

Tentunya juga harus ditunjang dengan peralatan bengkel yang akan digunakan. Pada prosesnya Anda akan belajar banyak nantinya, dan Anda akan menjadi seorang master auto repair dan bengkel cat mobil yang mahir jika Anda memang berbakat.

Memiliki modal yang memadai

Kalkulasi berapa modal yang Anda gunakan untuk membuka bisnis bengkel cat mobil ini. Pastikan juga meliputi biaya sewa tempat, pengajuan ijin, beli peralatan dan menggaji karyawan maupun manajemen bengkel. Totalkan semua biaya yang akan Anda butuhkan untuk mendirikan bisnis ini.

Mencari tanah atau bangunan yang luas

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari bangunan yang cocok, berukuran sekitar 15 x 30 meter untuk memasukkan semua mobil pelanggan Anda nantinya. Pastikan bahwa bangunan tersebut sangat kokoh, ada listrik, dan sudah jadi atau finishing dan lainnya, yang mana pada intinya dapat dijadikan sebagai tempat menyimpan dan melindungi mobil para pelanggan.

Jika bangunan tersebut tidak memiliki kriteria seperti di atas, Anda dapat memperbaiki atau memasang apa saja yang diperlukan. Pastikan terdapat ruangan khusus yang terpisah untuk proses persiapan pengecatan dan finishing .

Memiliki alat ataupun perlengkapan bengkel yang dibutuhkan:

  1. Amplas dengan dual action
  2. Air tools
  3. Diagnostic machine
  4. Alat perukangan untuk bahan kayu
  5. Pendingin udara blower
  6. Alat untuk stereo sound
  7. Pemotong kabel
  8. Alat untuk bahan fiberglass
  9. Sanding bloks
  10. Parts washer
  11. Lemari untuk penyimpanan thinner
  12. Cat
  13. Rak untuk menaruh bidang pengecatan
  14. Alat untuk menggantung panel
  15. Kotak peralatan tool
  16. Kunci, obeng, tang dan sebagainya.

Mulai mencari karyawan berpengalaman

Setelah memiliki tempat bisnis, peralatan, dan perlengkapan, hal lain yang Anda harus lakukan yaitu mencari karyawan. Pilihlah karyawan yang sudah berpengalaman di bidang pekerjaan ini. Tanyakan terlebih dahulu tentang pengalaman kerjanya serta hal lain yang ia ketahui mengenai pekerjaan ini.

Carilah selalu cara untuk menjadikan bisnis bengkel cat mobil Anda selalu yang paling unik. Carilah berbagai peluang bisnis dan berbagai kerjasama proposal bisnis bengkel yang telah terpercaya. Bersiaplah menerima pesanan dan berbagai keinginan pelanggan Anda.

Seiring berjalanya waktu Anda akan banyak menerima pelanggan baru yang kembali karena kepuasan yang telah mereka dapat di tempat Anda. Selalu update informasi bisnis Anda sehingga Anda tidak ketinggalan informasi, dengan demikian Anda selalu bisa menawarkan sesuatu yang baru untuk pelanggan Anda.

(photo: www.rsfabrications.com)