Tips Promosi untuk Perusahaan Baru

Tips Promosi untuk Perusahaan BaruTIPSWIRAUSAHA.COM – Salah satu pendukung kemajuan perusahaan adalah promosi. Semakin efektif cara berpromosi, maka akan semakin banyak keuntungan yang diraih. Selain itu, branding image perusahaan juga akan semakin naik.

Salah satu cara untuk mempromosikan perusahaan ataupun produk baru adalah dengan memanfaatkan berbagai media teknologi, diantaranya internet. Internet memang mempunyai andil besar dalam melakukan promosi, bahkan sudah banyak perusahaan-perusahaan besar membagi budget antara promosi offline dan online yang sama besarnya.

Selain berpromosi melalui intenet, cara lainnya adalah dengan memberikan diskon atau biasa disebut dengan harga perkenalan. Jika tidak, sebenarnya masih banyak pilihan promosi yang bisa Anda gunakan.

Jika Anda belum memilki gambaran,`simak tips berpromosi untuk perusahaan baru di bawah ini:

Beli 1 Gratis 1

Daripada Anda memberi diskon 50%, skema beli 1 gratis 1 akan terasa lebih menguntungkan dan lebih menggoda bagi calon konsumen Anda. Secara tidak langsung, para pelanggan tetap membeli produk Anda dengan harga utuh, sekaligus merasa beruntung karena mendapatkan 1 produk secara gratis.

Kursus Gratis

Untuk Anda yang menjual produk dengan prosedur pemakaian tertentu, berikan kursus gratis untuk mengoptimalkan manfaat produk perusahaan Anda. Pelanggan tentu akan merasa puas dan berterimakasih atas layanan tersebut.

Promosi Bersama

Melakukan kerjasama dengan pemilik perusahaan lain yang relevan di sekitar Anda. Anda bisa coba bekerjasama dengan perusahaan yang menjual produk pelengkap dari produk yang Anda jual, atau perusahaan yang memiliki target pasar yang sama dengan perusahaan Anda.

Contoh sederhananya, Anda menjual komputer dan bekerjasama dengan perusahaan pembuat flashdisk. Sehingga di setiap penjualannya pembeli akan mendapatkan satu buah flashdisk secara gratis.

Hadiah Gratis (untuk jumlah pembelian tertentu)

Berikan hadiah untuk pelanggan yang membeli produk yang telah Anda tentukan. Misal, komputer, dengan hadiah T-Shirt gratis untuk setiap pembelian minimal 1unit komputer.

Hadiah Kejutan (untuk pembelian tertentu)

Kepuasan pelanggan diperoleh saat seseorang mendapatkan lebih dari yang ia harapkan. Atau Anda memberikan sesuatu melebihi apa yang Anda janjikan.

Untuk itu, berikan hadiah kejutan untuk pembeli dengan nilai transaksi yang telah Anda tentukan, dan biarkan pembeli terpesona dengan layanan perusahaan Anda.

Jual Paket

Produk yang kurang laris, bisa Anda jual satu paket dengan produk yang banyak diminati oleh pembeli. Daripada menumpuk di gudang, jauh lebih baik untuk secepatnya menjual produk yang kurang laku tersebut dengan harga miring.

Berikan Voucher

Pastikan pelanggan perusahaan Anda kembali di lain waktu, dengan memberi hadiah voucher belanja dan jangan lupa untuk mencantumkan masa berlaku voucher tersebut.

Gratis Layanan Purna Jual

Berikan layanan perawatan serta garansi bagi produk yang pelanggan beli, gratis untuk 2 pekan atau 3 bulan pertama.

Konsultasi Gratis

Pelanggan bisa berkonsultasi mengenai penggunaan dan perawatan produk yang ia beli di tempat Anda. Selama konsultasi, Anda juga bisa menawarkan produk pelengkap untuk produk yang sudah dibeli oleh pelanggan.

Gratis Desain

Jika Anda pemilik bisnis percetakan, gratiskan biaya desain untuk pemesanan dalam jumlah tertentu.

Media Sosial

Siapa yang tidak kenal Facebook dan Twitter? Hampir seluruh lapisan masyarkat di dunia sudah mengetahuinya.

Jadi kenapa tidak menggunakan media ini sebagai salah satu alat untuk berpromosi? Coba kita tengok, semua iklan yang ada di koran maupun  di TV, semua sudah menyertakan nama akun Facebook serta Twitter mereka.