Tips Memulai Usaha Toko Buah-Buahan

Tips Memulai Usaha Toko Buah-BuahanTIPSWIRAUSAHA.COM – Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang tak pernah sepi dari pembeli. Fakta ini sudah selayaknya membuka mata kita untuk mulai menggeluti usaha berjualan buah-buahan. Apalagi jika di lingkungan tempat tinggal Anda belum terdapat toko buah-buahan.

Sebelum memulai bisnis atau usaha berjualan buah-buahan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

Prinsip

Bagi Anda yang ingin memulai usaha apapun termasuk usaha toko buah ini, tanamkanlah pada diri Anda sikap optimis, fokus, berfikir secara positif, pantang menyerah, karena prinsip seperti itu merupakan faktor yang paling utama dalam membangun setiap usaha.

Berjualan buah memerlukan perputaran penjualan yang tinggi. Hal tersebut terjadi karena buah-buahan memiliki sifat yang mudah berubah seperti rasanya, warnanya, baunya, kematangannya dan sebagainya.

Pada intinya buah itu merupakan produk yang mudah busuk. Maka dari itu, kualitas buah-buahan yang Anda jual merupakan harga mati, karena jika Anda menjual buah-buahan yang kurang segar, maka secara otomatis pelanggan akan merasa kecewa dan pasti akan memilih toko lain.

Teknis

Ada beberapa hal teknis yang perlu Anda ketahui dalam bisnis ini, yaitu:

  • Memilih segmen pasar sebagai pasar sasaran Anda
  • Memilih lokasi untuk toko buah Anda
  • Menyusun daftar pembeli yang berpotensial
  • Menyusun daftar dari para pemasok buah
  • Menata toko buah agar lebih menarik, indah, dan efisien ruang
  • Merekrut dan melatih pelayan toko
  • Menyusun daftar dan kelas kualitas barang dagangan
  • Menyusun daftar harga jual berdasarkan kualitasnya
  • Menyusun program promosi seperti selebaran, merek toko, voucher diskon, dan sebagainya
  • Membangun jaringan dengan para pedagang yang terkait seperti penjual jus buah segar

Memilih pasokan buah yang tepat

Buah yang segar tentu akan menjadi lebih menarik dibanding buah yang sudah terlihat keriput atau terlihat busuk. Maka dari itu, Anda harus mengetahui di mana Anda dapat memperoleh pasokan buah yang tepat.

Kami sarankan untk melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui petani mana yang akan memberikan buah dengan kualitas yang paling baik dengan harga yang jauh lebih murah. Lakukanlah dengan cermat dan teliti dalam hal  menentukan buah mana yang akan dijual.

Penataan atau penempatan buah

Hal ini sangatlah mempengaruhi bagaimana para calon konsumen akan melihat keadaan dari buah yang Anda jual. Penataan atau penempatan buah sangat berperan untuk membuat display yang bisa menarik perhatian para pembeli.

Dengan hal ini, kualitas dari buah yang akan Anda jual akan menjadi lebih mudah untuk diketahui, terlebih mengenai ragam dari buah yang dijual, akan lebih mudah untuk diketahui oleh para calon konsumen.

Hal seperti ini akan memberikan kemudahan bagi mereka untuk membeli buah yang mereka inginkan.

Penentuan lokasi

Sama halnya dengan menjalankan bisnis lainnya, lokasi juga sangat menentukan kesuksesan dari bisnis yang akan dijalankan.

Pilihlah lokasi yang strategis yang sekiranya dilalui oleh khalayak ramai, seperti halnya di dekat rumah sakit, yang mana akan banyak orang yang datang untuk menjenguk keluarga atau saudaranya yang sedang sakit. Dan untuk hal ini pastinya buah merupakan pilihan barang yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh si penjenguk kepada yang sakit tersebut, karena buah ini identik dengan kesehatan.

(photo: flickr.com)