Tips Bisnis Online Yang Tepat Bagi Pemula

Tips Bisnis Online Yang Tepat Bagi PemulaTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis online sekarang ini sangatlah menjanjikan. Hal ini tentu karena sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar untuk menjalankannya.

Tidak seperti bisnis konvensional kebanyakan yang membutuhkan tempat secara fisik juga karyawan untuk menjalankan sistem, bisnis online sangat jauh berbeda.

Apabila Anda sama sekali buta mengenai bisnis di dunia maya, maka segeralah mempelajarinya karena cepat atau lambat bisnis di dunia maya ini akan menjadi pilihan semua orang.

Hal pertama yang diperlukan untuk membangun bisnis online ialah Anda harus memiliki situs web terlebih dahulu, karena itulah modal awal Anda. Sebagai pemula Anda bisa menggunakan penyedia situs web gratisan atau sering disebut dengan blog gratisan dari wordpress ataupun blogspot.

Masih bingung mengenai apa saja jenis bisnis online? Berikut kami bagikan beberapa macam bisnis online yang bisa Anda aplikasikan untuk membangun bisnis online Anda:

Menerbitkan Iklan (Ads Publishing)

Ads publishing adalah jenis bisnis online yang paling sederhana. Anda cukup memilki sebuah blog lalu memasang iklan. Memang ada banyak jenis iklan, mulai dari PPC (Pay Per Post), CPA (Cost Per Action), CPM (Cost Per Milion) dan lain-lain. Selanjutnya Anda dapat mencari lewat google untuk mendapat keterangan lebih lengkapnya.

Untuk memasang iklan di blog, Anda cukup mendaftar pada website penyedia layanan iklan, baik lokal maupun internsional.

Membangun List (List Buiding)

List building merupakan bisnis online yang berpotensi menghasilkan pendapatan pasif yang lumayan besar. Anda hanya perlu menyediakan sesuatu yang menarik sehingga orang ingin memberikan alamat emailnya pada Anda.

Pernahkah Anda berkunjung ke suatu blog kemudian di dalamnya ada penawaran e-book yang mahal dan berkualitas, namun bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma hanya dengan menuliskan nama lengkap dan email Anda di formulir yang tersedia? Seperti itulah kira-kira contoh sederhananya yang disebut dengan list building.

Email yang terkumpul banyak bisa digunakan sebagai sarana promosi bisnis online Anda, atau Anda bisa jual pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkannya untuk sarana promosi mereka.

Menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi penjualan (Affiliate Marketing)

Affiliate marketing ialah memasarkan produk orang lain. Anda tidak usah repot-repot menyediakan stok barang, mengirim barang, atau menerima komplain dari konsumen, karena di sini Anda hanya bertugas memasarkanya saja. Masalah lainnya merupakan tanggung jawab si pemilik produk.

Anda akan mendapat keuntungan dengan presentase yang telah ditentukan ketika Anda mendaftar jadi Affiliate Marketer dari setiap barang yang terjual.

Menjual produk sendiri dengan toko online profesional

Toko online merupakan salah satu solusi berjualan tanpa harus repot menyediakan lahan atau membayar sewa yang cukup mahal. Dengan toko online Anda bisa berjualan di rumah, tidak memerlukan banyak waktu dan pemasaran yang luas serta tidak terbatas tempat dan waktu, karena dunia maya tak pernah tidur dan bisa diakses di seluruh dunia.

Menulis review dan dibayar (Pay Per Post)

Pay Per Post merupakan bisnis online yang tepat untuk Anda yang gemar menulis. Anda hanya tinggal mendaftar untuk menjadi penulis, menerbitkannya di blog Anda, setelah itu Anda akan dibayar. Sekarang banyak sekali penawaran Paid Per  Review terutama yang berskala internasional. Sedangkan untuk skala lokal Anda bisa mencoba adreviewcamp dan reviewMu.

(photo: www.webshop999.com)