Tips Memulai Bisnis Salon Kecantikan

Tips Memulai Bisnis Salon KecantikanBisnis yang menyangkut kaum wanita memang tidak pernah membosankan.

Selain mode, kecantikan merupakan salah satu usaha yang berpeluang besar untuk wanita. Untuk tampil cantik biasanya kaum wanita tidak akan segan-segan mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Nah, Anda sebagai calon wirausahawan atau wirausahawati bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis salon kecantikan.

Kelebihan dari salon kecantikan itu yakni selalu dicari banyak orang, karena siapapun orang selalu membutuhkan penampilan yang prima dan baik.

Kelebihan lainnya yaitu bisa mendapatkan pemasukan dari pelanggan yang loyal. Akan tetapi perlu dicermati oleh Anda, karena bisnis ini bergerak di bidang jasa, maka kepuasan pelanggan menjadi prioritas utamanya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda cermati sebelum memulai bisnis salon kecantikan ini, antara lain:

Tekunilah bidang yang ingin Anda geluti

Anda harus terlebih dahulu tertarik dengan masalah kecantikan, apakah akan Anda terbiasa berdandan? Meskipun Anda seorang pemilik, Anda harus mempunyai tujuan yang jelas tentang bisnis ini,

Survei para pesaing Anda

Survei ini sangat penting untuk membedakan kelebihan salon Anda dengan salon – salon lainnya. Cari tahu apa saj kelebihan dan apa saja kekurangan salon disekitar tempat usaha Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menemukan keunikan usaha Anda dibandingkan dengan yang lainnya.

Ketahuilah pelanggan salon Anda

Anda harus mengatahui apa kebutuhan pelanggan Anda, dari mulai tahu perawatan salon apa saja yang mereka butuhkan dan berapa harga yang sesuai untuk dijadikan harga jasa.

Pelajari setiap hal yang berkaitan dengan kecantikan

Meskipun Anda menyukai tentang kecantikan, bukan berarti Anda harus langsung tancap gas untuk membuka usaha ini tanpa pengatahuan yang cukup.

Anda bisa belajar di tempat kursus kecantikan pilih sesuai waktu dan biaya yang cocok menurut Anda. Carilah beberapa informasi dari sumber lain, seperti bahan bacaan dan seminar. Dan yang tak kalah pentingnya, meskipun Anda hanya ingin berada dibalik layar, Anda juga harus memiliki pengatahuan yang memadai dan tahu tentang management pengelolaan salon.

Anda sangat disarankan untuk mendapatkan pengesahan atas keterampilan yang dimiliki melalui proses sertifikasi karena dengan demikian secara otomatis kemampuan Anda akan diakui,

Perbanyak latihan

Karena bisnis ini mengutamakan keterampilan, maka Anda harus banyak berlatih. Dengan cara Anda bekerja terlebih dahulu di salon lain, atau dengan mengikuti kursus dan pelatihan salon kecantikan.

Ciptakan salon yang bersih dan nyaman bagi pelanggan

Pergi ke salon bagi beberapa orang tidak sekedar ingin merawat diri, melainkan tempat untuk bersantai dan melepas kepenatan. Salon yang terasa nyaman dan bersih sangat mendukung hal tersebut.

Gencar promosi

Jika Anda membuka usaha di bidang apapun, hal utama untuk memulainya yaitu melakukan promosi. Jika hanya menunggu pelanggan yang datang dijamin usaha Anda akan gulung tikar dengan cepat. Promosi ini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti: mulut ke mulut, iklan di koran, dengan flier, atau promosi online.

Beri nama yang unik

Nama salon kecantikan Anda sebaiknya dibuat mudah atau menyesuaikan dengan nama di sekitar lingkungan tempat usaha Anda. Selain itu, pilihlah nama salon yang unik dan mudah diingat.

Variasikan pelayanan

Pelayanan hendaknya diberikan lebih dari satu, supaya bisa menjaring lebih banyak konsumen. Misalnya mulai dari gunting rambut, rebounding, smoothing dan sebagainya.

Gunakanlah produk dan peralatan yang aman

Anda harus selalu menggunakan peralatan dan bahan-bahan kecantikan sesuai dengan standard, jangan gunakan bahan dan alat yang berbahaya, karena nama baik Anda dan salon Anda menjadi taruhannya.

Pastikan Anda selalu sabar dan tekun

Dalam usaha apapun Anda harus mempunyai kesabaran dan ketekunan. Hal inilah yang akan membuat Anda semakin matang dalam berwirausaha.

####

Demikianlah sejumlah tips dan cara memulai bisnis salon kecantikan. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kesuksesan bisnis salon kecantikan Anda.