Tips Berbisnis Hotel

tips dan cara membuka bisnis hotelBisnis hotel merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan cukup lama.

Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel yaitu mendapatkan nilai jual property hotel Anda yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan modal yang Anda keluarkan pada saat pembangunannya.

Bahkan jika hotel Anda selalu ramai dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang cukup tinggi pula maka nilai hotel Anda akan berlipat lipat. Disinilah kuncinya mengapa pengusaha yang sudah memiliki satu hotel dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki hotel baru yang lain.

Perbedaan  Bisnis Hotel Dengan Bisnis Lainnya

Berbeda dengan bisnis yang lainnya, kesuksesan dari bisnis hotel dikarenakan para pemilik ataupun pengelola hotel lebih banyak menitik beratkan kepada faktor SDM (sumber daya manusia) sebagai pelaksana.

Sudah banyak slogan perusahaan – perusahaan besar pengelola hotel yang menyatakan bahwa bisnis hotel yaitu mengenai bagaimana cara menyenangkan para tamu. Dan untuk dapat menyenangkan para tamu maka para karyawan yang bekerja di hotel tersebut haruslah merasa senang terlebih dahulu.

Memulai bisnis hotel, secara teknis dapat kami jabarkan dalam langkah-langkah dibawah:

1.Konsep Hotel

Banyak sekali pemilik hotel atau pengusaha hotel yang sukses memulai bisnis ini dari nol, hanya dengan memiliki ide atau konsep yan sangat cemerlang tentang hotel yang akan dibangunnya.

2.Modal

Setelah ide Anda cukup menggebu dan Anda merasa sangat yakin dengan ide Anda tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu dengan melihat faktor modal Anda.

Berapakah biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah hotel? Tentu saja harus disesuaikan dengan besar kecilnya hotel yang kelak akan Anda bangun. Tetapi apabila permodalannya tidak terlalu besar, Anda tetap dapat membangun hotel dengan konsep simple (sederhana).

Untuk memulai membangun hotel Anda tidak harus memiliki modal 100% tetapi Anda bisa memulainya dengan menyediakan 40-50% nya saja, selebihnya bisa Anda dapatkan dari hasil pinjaman bank.

3.Lokasi

Faktor lokasi sangat berperan penting dalam menentukan kesuksesan usaha hotel, sehingga pemilihan lokasi harus Anda lakukan dengan sangat hati – hati. Pada penentuan lokasi, Anda dapat membeli sebidang tanah yang masih kosong atau tanah dengan bangunan yang tidak berfungsi dan dapat Anda beli dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

4.Kelayakan

Kadang kala kita sangat yakin dengan bisnis kita, tetapi perhitungan cermat dan investigasi mendalam dari sebuah study kelayakan akan membantu Anda.

Studi kelayakan dapat memberikan gambaran yang akurat dan cermat tentang prospek bisnis hotel Anda, berapa jumlah kamar yang harus dibangun, fasilitas apa saja yang perlu dan tidak perlu, apa jenis hotel Anda, berapa harga kamar, berapa investasi, sampai berapa lama investasi Anda akan kembali.

Dengan studi kelayakan tersebut, Anda dapat mencegah terjadinya kerugian besar yang diakibatkan kesalahan dalam merancang hotel Anda. Supaya Hasil dari Study Kelayakan ini hasilnya murni dan fair, sebaiknya Studi Kelayakan dibuat oleh konsultan bisnis hotel yang mengerti betul tentang seluk beluk bisnis perhotelan

5.Konsultan

Dengan melibatkan konsultan, akan banyak membantu dalam mengurangi beban pekerjaan perencanaan hotel Anda dan dengan adanya konsultan hotel maka perencanaan detail terhadap rencana operasional hotel dapat dilakukan dengan lebih baik lagi.

Selain itu, adanya konsultan hotel dapat menghemat banyak dana yang disebabkan keasalahan Anda dalam membeli barang, dan peralatan serta salah desain yang mengakibatkan pembangunan harus dibongkar kembali dikarenakan tidak operation wise.

###

Demikian sekilas yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana tata cara memulai bisnis hotel, saya yakin bahwa memiliki hotel bukanlah monopoli kalangan dengan modal yang cukup besar, akan tetapi dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki tekad kuat dan ketekukan dalam memulai bisnis ini. Kami sangat senang Apabila tulisan ini dapat menginspirasi Anda untuk memulai berbisnis di bidang perhotelan. Semoga sukses.