Peluang Usaha Bisnis Penjualan Tepung

peluang bisnis tepungUsaha penjualan tepung adalah salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan, karena pada saat ini usaha kuliner sedang naik daun dan kebanyakan dari usaha kuliner menggunakan bahan dasar tepung terutama pada kue.

Hampir keseluruhan makanan atau jajanan di dunia ini berbahan dasar tepung, bahkan untuk penganan jenis kue basah dan cake  hampir setiap tahunnya muncul dengan  model dan rasa yang bervariasi.

Seperti yang saat ini sedang terkenal yaitu  red velvet atau rainbow cake dan masih banyak lagi jenis cake yang terkenal yang menggunakan bahan dasar tepung.

Tidak hanya cake saja yang terbuat dari bahan dasar tepung, beragam makanan lain seperti pizza, donat, bakpau, bakso dan masih banyak lagi makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung.

Maka dari itu peluang usaha tepung ini cukup sangat menjanjikan, bahkan sekarang pemasarannya tidak hanya secara offline namun sudah banyak yang menerapkannya lewat promosi online ke media jejaring social seperti GooglePlus, Facebook, Twitter dan lain-lainnya bahkan hingga membuat blog atau website sendiri.

Banyak sekali jenis tepung yang bisa kita jual, seperti tepung terigu yang biasanya digunakan untuk bahan makanan modern dan tepung-tepung tradisional seperti tepung kanji, tepung beras, tepung ketan yang biasanya digunakan dalam pembuatan makanan tradisional.

Tepung terigu memang masih sangat dominan sebagai bahan dasar pembuatan kue, namun tepung terigu sebagian besar hanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue modern. Untuk kue tradisional yang ada di Indonesia sebagian besar masih menggunakan tepung beras, tepung kanji atau tepung ketan.

Pada saat ini kue yang lebih berkembang adalah kue yang modern dikarenakan pembuatannya yang relative mudah dan bisa dibuat dengan berbagai bentuk, lain halnya dengan kue tradisional yang bentuknya tetap dan sangat sedikit perubahan bentuknya.

Berinovasi untuk memanfaatkan tepung itu adalah suatu alternatif yang menawarkan suatu peluang usaha yang besar. Ada banyak kreasi yang bisa dilakukan di bidang ini. Selain itu berbagai jenis tepung yang bisa dihasilkanpun sangatlah beragam, antara lain seperti tepung sagu, tepung tapioca, yang notabene bahan dasar pembuatannya berlimpah di tanah air.

Saat ini juga sudah banyak muncul tepung sukun, dari sukun yang tidak awet bisa dirubah menjadi tepung sukun yang bisa lebih awet. Ada juga tepung ganyong dan tepung garut.

Ganyong ini banyak dihasilkan di wilayah Jawa Barat, dan kebanyakan orang tepung garut ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuat jenang atau dodol, sifat dari tepung ganyong ini adalah mudah dicerna oleh pencernaan manusia, sehingga tepung ini sangat cocok untuk dijadikan makanan bayi. Tepung ganyong ini sangat bagus serta memiliki peluang yang besar dalam industry bakery, bahkan tepung ganyong ini bisa digunakan pengganti tepung terigu.

Ada juga jenis tepung dari bahan talas yang digunakan untuk membuat kue tradisional khas Bogor yaitu kue lapis talas Bogor. Pemanfaatan talas sebagai bahan utama adalah sebagai wujud untuk mengangkat talas sehingga dapat menambah nilai jual talas itu sendiri.

Nah itulah peluang usaha dalam menjalani usaha tepung yang sangat menjanjikan dan menguntungkan, karena pada saat ini bisnis kuliner serta bisnis kue itu sudah banyak yang menjalani sehingga peluang usaha ini sangatlah menguntungkan bagi anda yang ingin merintis bisnis tepung ini.