3 Peluang Usaha dalam Pesta Pernikahan

3 Peluang Usaha dalam Pesta PernikahanSejak masih duduk di bangku kuliah, mungkin sebagian dari kita sudah tahu bagaimana menantangnya berprofesi sebagai wirausahawan (enterpreneur).

Selain menantang, berwirausaha juga sangat menyenangkan, dimana kita memiliki kebebasan dalam mengatur waktu, menjadi bos atas diri sendiri, dan membuka kesempatan kerja bagi orang lain.

Tentunya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan berwirausaha.

Saat ini mungkin kamu sudah lulus kuliah dan memiliki pekerjaan tetap, namun masih ingin mencoba berwirausaha seperti dulu. Tidak masalah jika kamu memiliki keinginan seperti itu, karena peluang usaha itu selalu ada kapan saja, dimana saja, dan ditujukan untuk siapa saja.

“Tapi saya tidak memiliki modal besar. Bagaimana saya bisa kembali berwirausaha seperti dulu?”. Jangan khawatir. Kamu bisa menyediakan layanan jasa jika kamu tidak memiliki modal untuk menyediakan sebuah produk.

“Bagaimana bisa? Jasa juga membutuhkan alat, bukan?”

Ketahuilah bahwa tidak semua layanan jasa membutuhkan alat. Kamu suka mendatangi pesta dan acara sebagainya? Nah, kamu bisa melirik peluang usaha dari acara seperti itu. Setidaknya ada 3 peluang usaha yang dapat kamu jalankan dari keberadaan sebuah pesta, yaitu:

MC (Master of Ceremony)

Sukses atau tidaknya sebuah acara sangat ditentukan oleh sosok MC yang paling berpengaruh. Kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk melakukan pekerjaan ini.

Cukup dengan kemampuan public speaking yang baik dan rasa percaya diri, kamu bisa memulai pekerjaan ini dengan terlebih dahulu menawarkan diri kepada orang-orang terdekat. Misalnya, kamu suka menjadi MC di acara-acara kampus.

Karena kebiasaan itu, orang-orang disekitarmu bisa menilai kualitas kamu saat memimpin acara. Dari penilaian itu, bisa saja teman-temanmu menawarkan job MC di luar kampus, seperti acara pernikahan, acara ulang tahun, bahkan acara-acara penting seperti acara kenegaraan.

Tantangan terbesar seorang MC adalah bagaimana caranya agar sebuah pesta dapat berlangsung meriah dan para tamu dapat mengikuti acara dengan nyaman. Dalam menentukan honor, kamu harus tahu berapa standar honor yang diterima MC dan biasanya besaran honor yang diberikan ditentukan dari seberapa besar acara yang diselenggarakan.

Wedding Singer

Kamu memiliki suara yang indah dan keberanian untuk tampil di depan umum? Jika iya, ada baiknya kamu mencoba peruntungan sebagai wedding singer. Sekalipun umumnya profesi ini banyak digeluti oleh para musisi, tidak ada salahnya jika kamu mencobanya.

Kamu bisa memulainya dengan menawarkan diri secara langsung kepada teman-teman di sekitar, akan lebih baik lagi jika kamu menawarkannya kepada teman-teman yang telah mengetahui kualitas bernyanyi yang kamu miliki.

Dengan begitu mereka tidak akan berpikir panjang untuk memberikan job bernyanyi tersebut. Selain itu, dengan otomatis mereka juga akan merekomendasikan kamu kepada teman-teman mereka jika kebetulan ada yang membutuhkan singer.

Cara lain yang dapat kamu lakukan ialah dengan upload video bernyanyi kamu di situs Youtube ataupun merekam suara di Soundcloud. Manfaatkan saja jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, untuk menyebarkan link video dan soundcloud kamu. Jangan lupa cantumkan keterangan berupa nama dan nomor telepon agar mereka yang berminat dapat menghubungi kamu dengan mudah.

Besaran honor yang diberikan biasanya ditentukan oleh penampilan. Selain kemampuan bernyanyi yang baik, seorang wedding singer juga dituntut untuk berpenampilan menarik dan memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Penata Rias

Untuk menggeluti profesi ini, kamu harus memiliki keahlian make up. Akan lebih baik jika kamu benar-benar menyukai bidang make up. Untuk memulainya, kamu bisa memuat hasil make up yang kamu buat di dalam blog, web, ataupun Facebook.

Tantangan terbesar seorang penata rias ialah jenis dan bentuk wajah klien yang berbeda-beda sehingga eksekusi yang dilakukan harus berbeda. Besaran honor yang diterima biasanya berdasarkan tingkat kesulitan yang dalam menata wajah klien.