Peluang Bisnis Pet Shop

peluang usaha pet shopApabila Anda pecinta binatang dan ingin memiliki bisnis yang stabil dan menguntungkan toko hewan peliharaan alias pet shop bisa menjadi salah satu pilihan bisnis Anda. Pet shop merupakan bisnis yang sederhana dan mudah untuk dikelola.

Bisnis pet shop boleh dikatakan saat ini memang sedang naik daun alias sedang meroket. Bisnis pet shop alias swalayan bagi hewan peliharaan ini memang memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri.

Dapat Anda bayangkan, pemilik bisnis pet shop harus berinteraksi dengan sejumlah hewan yang tidak bisa berbicara layaknya seorang manusia. Memang benar, hewan peliharaan mempunyai bahasa tersendiri yang unik yang dapat dipelajari.

Apabila manusia sakit, segera ke dokter dan diberi obat. tetapi kalau hewan sakit, bagaimana cara mendeteksi dan mengetahuinya? Inilah yang harus dibuktikan oleh para pemilik usaha pet shop. Oleh sebab itu, banyak pemilik bisnis pet shop menggandeng dokter hewan agar bisnis pet shop mereka laris.

Pilih Spesialis atau General

Dalam bisnis pet shop banyak sekali variasi spesies. Ada yang spesialis, dan ada yang generalis. Maksudnya, ada yang menjual semua jenis hewan, seperti: menjual, merawat, menjualkan, menitipkan hewan piaraan tertentu (anjing, burung, biawak, kuda, kucing, kelinci, hamster, ular, kura-kura, ikan, landak, dsb). Untuk pelaku bisnis yang cenderung spesialis, maka ia akan memilih satu bisnis saja seperti: kucing.

Jika kita berbicara tentang kucing, maka tentunya takkan terlepas dari “demam kucing” yang pernah melanda kota Bandar Lampung beberapa bulan yang lalu. Bayangkan saja oleh Anda, untuk mendapatkan seekor kucing Persia jenis pignose, maka Anda meski rela merogoh kocek senilai 2,5 juta rupiah per ekornya. Untuk jenis Angora, harganya relatif murah karena masih di bawah satu juta rupiah.

Hal ini terjadi karena menurut sebagian orang kucing persia adalah artis nya kucing. Jika terus ditekuni, maka untung berbisnis kucing mencapai maksimal satu juta per ekornya bahkan lebih. Ada juga pengusaha bisnis pet shop yang hanya berfokus pada satu spesies hewan saja

Persaingan dalam Bisnis Pet Shop

Bisnis pet shop kental dengan aroma persaingan. Namanya juga berbisnis pasti ada persaingan di dalamnya. Solusinya yaitu, pemiliki bisnis pet shop harus kreatif dan inovatif. Misalnya: menyediakan fasilitas pijat relaksasi bagi para pemilik hewan peliharaan, selagi hewan piaraannya dimandikan dan diperiksa kesehatannya di tempat hewan Anda.

Persiapan Membuka Usaha Pet Shop

Usaha Pet Shop memang menggiurkan dan untuk memulai usaha ini diperlukan beberapa hal termasuk beberapa alat, berikut penjelasannya:

Menyiapkan tempat

Tempat untuk usaha ini tidak harus mewah dan besar, yang terpenting tempat tersebut mudah diakses oleh pelanggan Anda nantinya.

Meja Untuk Kasir

Meja salah satu elemen yang tidak kalah penting, karena dengan meja semua transaksi bisa berjalan dengan baik.

Sediakan Rak

Rak untuk menampung berbagai keperluan hewan baik itu mekanan, mainan atau bahkan obat-obatan untuk hewan peliharaan. Usahakan semua barang terpampang rapih di dalam rak sehingga pelaggan bisa memilih sendiri semua keperluan hewan peharaannya.

Sediakan kandang

Kandang berfungsi sebagai tempat hewan yang dititipkan di pet shop anda. Kandang ini bukan hanya untuk tempat penitipan saja tetapi juga sebagai tempat untuk menjual beberapa hewan.

Rekrut Karyawan

Hal ini tidak kalah penting karena mungkin saja pelanggan Anda akan terus bertambah setiap waktu dan hal itu yang mengharuskan Anda mempunyai seorang karyawan. Tetapi perlu diperhatikan juga, karyawan yang akan bekerja pada Anda bukan hanya cakap bekerja saja tetapi juga harus mempunyai ketertarikan pada semua hewan.

Semoga semua ini bermanfaat bagi Anda.